Home Indonesia Tokopedia Pecat Puluhan Karyawan yang Melakukan Penipuan Saat Kampanye Flash Sale

Tokopedia Pecat Puluhan Karyawan yang Melakukan Penipuan Saat Kampanye Flash Sale

1207
SHARE
Tokopedia pecat karyawan curangi flash sale

Ikhtisar

  • Tokopedia baru saja melakukan pemecatan puluhan karyawan pada 24 Agustus 2018.
  • Karyawan yang terkena pemecatan diduga terlibat penipuan (fraud) pada kampanye Flash Sale dalam rangka ulang tahun layanan raksasa e-commerce tersebut.
  • Imbas dari penipuan tersebut, banyak pengguna yang tidak bisa membeli barang murah selama Flash Sale dengan cara yang adil.
  • Dari sumber Tech in Asia Indonesia, jumlah karyawan yang terkena pemecatan mencapai puluhan orang.

Menurut pantauan Tech in Asia Indonesia, pada tanggal 24 Agustus 2018 kemarin, Tokopedia baru saja memberhentikan puluhan karyawan mereka. Para karyawan tersebut diduga terlibat penipuan (fraud) saat kampanye Flash Sale di hari ulang tahun Tokopedia pada tanggal 17 Agustus 2018 yang lalu.

Penipuan yang dilakukan karyawan Tokopedia tersebut menyebabkan para pengguna tidak bisa membeli barang-barang murah yang dijual selama Flash Sale dengan cara yang adil.

Beberapa sumber yang enggan disebutkan namanya menyatakan kepada Tech in Asia Indonesia bahwa hal tersebut memang benar terjadi. Menurut mereka jumlah karyawan yang dipecat bisa mencapai puluhan orang,beberapa di antaranya merupakan karyawan senior.

Tech in Asia Indonesia pun mendapatkan email yang dikirimkan CEO Tokopedia William Tanuwijaya kepada seluruh karyawan Tokopedia terkait kejadian tersebut. Di dalamnya, William mengingatkan para Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia) untuk selalu menjaga kepercayaan dan integritas.

Saat kami meminta konfirmasi, Head of Corporate Communications Tokopedia Priscilla Anais memberikan keterangan resmi sebagai berikut:

Sejak berdiri, Tokopedia percaya bahwa membangun bisnis 
adalah tentang membangun kepercayaan. Setiap titipan 
kepercayaan adalah sebuah amanah yang harus dijaga bersama 
oleh seluruh Nakama tanpa terkecuali. Gagal menjaga 
kepercayaan artinya gagal menjaga integritas dan Tokopedia 
tidak memberikan ruang toleransi untuk individu yang 
menyalahgunakan kepercayaan dan/atau gagal menjaga 
integritas. Setiap individu, yang ditemukan menyalahgunakan 
kepercayaan dan/atau gagal menjaga integritas, akan kami 
tindak sesuai kebijakan perusahaan

Pada tanggal 15 hingga 17 Agustus 2018 kemarin, Tokopedia mengadakan kampanye Flash Sale yang memungkinkan para pengguna mereka untuk membeli barang-barang menarik dengan harga murah pada pukul 9 pagi dan 9 malam.

Artikel Asli

Comments

comments