Home Indonesia Peduli Lingkungan, Moratelindo Tanam Bibit Mangrove

Peduli Lingkungan, Moratelindo Tanam Bibit Mangrove

1088
SHARE
Penanaman Bibit Mangrove Oleh Karyawan Moratelindo

Dalam rangka Hari Internasional Konservasi Ekosistem Mangrove yang bertepatan pada tanggal 26 Juli 2018, Moratelindo mewujudkan komitmen CSR-nya dalam pelestarian lingkungan hidup dengan kembali melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove sebanyak-banyaknya 1.000 bibit mangrove yang ditanam di kawasan Pesisir Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Sebelumnya di tahun 2015 kegiatan serupa sudah pernah dilaksanakan oleh Moratelindo dengan menanam sebanyak 1.200 bibit mangrove.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Direksi dan karyawan Moratelindo sebagai salah satu bentuk pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) yakni penanaman bibit mangrove, merupakan hasil kolaborasi antara Moratelindo dengan Yayasan Restorasi Mangrove Indonesia. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan Moratelindo secara berkesinambungan sebagai suatu bentuk komitmen dan perhatian Moratelindo atas lingkungan hidup khususnya terhadap keberlangsungan hutan mangrove untuk mencegah abrasi serta menjaga ekosistem wilayah pesisir yang diperlukan untuk saat ini dan di masa yang akan datang.

Sekilas Moratelindo

Moratelindo adalah penyedia infrastruktur telekomunikasi wholesale yang didirikan pada tahun 2000. Moratelindo membuka kantor internasional di Singapura bersamaan dengan pembangunan kabel bawah laut MIC-1 (Moratelindo International Cable-System One) yang menghubungkan Jakarta – Singapura. Pemerintah Singapura memberikan lisensi Facilities-Based Operations (FBO) ke Moratel International Pte. Ltd., sebagai gateway jaringan untuk layanan leased line internasional.

Pembangunan Jaringan Backbone Bawah Laut

Dalam rentang waktu 2010 hingga 2012, Moratelindo telah menyelesaikan pembangunan jaringan backbone bawah laut internasional untuk Jakarta, Bangka, Bintan, Batam, dan Singapura (B3JS) sepanjang lebih dari 1.000 km dan jaringan backbone bawah laut internasional untuk Batam-Dumai-Malaka (BDM) sepanjang lebih dari 400 km yang merupakan hasil kolaborasi antara Moratelindo, XL Axiata dan Telekom Malaysia.

Proyek Palapa Ring

Keberhasilan kinerja Moratelindo berlanjut, di mana pada tahun 2016 dan 2017 Moratelindo telah diberikan kepercayaan oleh negara melalui Kementrian Kominfo untuk melaksanakan salah satu Proyek Strategis Nasional yaitu Proyek Palapa Ring Paket Barat dan Paket Timur, dengan membentuk Badan Usaha Pelaksana yakni PT. Palapa Ring Barat dan PT. Palapa Timur Telematika. Proyek Palapa Ring merupakan proyek Kerja Sama layanan atau Availability Payment (AP). Skema AP diprakarsai oleh Kementrian Keuangan dengan penjaminan AP dilakukan oleh PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (Persero) dan sumber pembayaran berasal dari Dana Kontribusi Universal Service Obligation (USO). Dalam melaksanakan proyek ini, pendanaan untuk Paket Barat berasal dari Bank Mandiri sebesar Rp 876 miliar dan untuk Paket Timur berasal dari Pinjaman sindikasi Bank BNI, Bank ICBC Indonesia, BPD Papua, BPD Sulselbar, BPD Maluku Malut dan lainnya sebesar Rp 4 triliun.

Penawaran Obligasi Perdana Moratelindo

Selain itu, pada tanggal 7 Desember 2017 Moratelindo melakukan penawaran obligasi perdana di Bursa Efek Indonesia dengan nilai Rp. 1.000.000.000,- dengan peringkat idA, di mana pada Masa Penawaran Awal, mendapat tanggapan yang positif dari investor dengan kelebihan permintaan hingga sekitar 1,4X dari target Rp. 1.000.000.000,-.

Comments

comments