Home Entertainment 5 Game Mobile Marvel yang Wajib Lo Mainin

5 Game Mobile Marvel yang Wajib Lo Mainin

908
SHARE
Mobile Game

Udah 10 tahun sejak Marvel Cinematic Universe (MCU) melenggang di dunia sinema. Kepopulerannya enggak bisa disangkal lagi telah mencapai tingkat yang mungkin enggak pernah diprediksi sebelumnya. Hampir semua film layar lebarnya sukses secara finansial dan berhasil mencuri hati para penggemarnya. Lain halnya dengan kiprah para superhero Marvel di layar kaca. Memang enggak semua serial TV yang ada mampu mencicipi kesuksesan yang sama dengan versi layar lebarnya. Meski begitu, tetap aja MCU secara keseluruhan tetap menyajikan sajian yang fantastis.

Sama halnya di ranah video game, khususnya game mobile. Belum banyak game Marvel yang benar-benar mendapat perhatian lebih dari para penggemarnya. Entah karena alasan konten berbayar atau memang gamenya yang enggak seasyik filmnya. Namun, bukan berarti semua game mobile bertema Marvel enggak asyik dimainin.

Ada beberapa game yang wajib banget lo coba mainkan, terutama buat lo para penggemar fanatik Marvel. Simak baik-baik!

1. Marvel Future Fight

Via Istimewa

Inilah salah satu game mobile Marvel terbaik saat ini. Game ini menyatukan elemen aksi dan RPG secara bersamaan. Dibanding dalam game Marvel lainnya, lo bisa leluasa menggerakkan dan mengendalikan karakter sesuka hati lo, mulai dari gerakan, serangan, hingga kendali skill. Karakter yang lo bisa gunakan pun sangat beragam. Enggak cuma karakter superhero, tapi juga para supervillain dan karakter pendukung lainnya. Lo juga bisa memperkuat karakter lo seiring dengan progres dalam game.

Game yang dirilis oleh Netmarble pada 2015 ini berkisah tentang dunia yang sedang kacau akibat pergolakan dimensi. Oleh karena itu, bersatulah para superhero untuk mengembalikan dunia seperti semula. Lo akan diberi kesempatan untuk memilih tiga superhero/villain untuk dijadikan tim utama.

Ada beragam fitur gameplay yang bisa lo nikmati di game ini. Ada mode campaign yang berbasis stage/level, mode co-op, serta mode world boss yang disesuaikan dengan event terbaru MCU. Kontennya pun selalu di-update. Di saat MCU bikin film baru, game ini juga akan memperbarui kontennya sesuai dengan film baru tersebut. Contohnya adalah konten Avengers: Infinity War yang bisa lo mainkan saat ini.

Kelemahannya, game ini terlalu bergantung pada konten berbayar untuk cepat naik level atau pun mendapatkan karakter bagus. Dari segi cerita, game ini juga punya kisah yang cenderung mudah untuk dilupakan begitu aja. Bahkan, game ini terkesan sama sekali enggak punya pengisahan dan terlalu mengandalkan gameplay.

 

2. Marvel Strike Force

Via Istimewa

Sebenarnya, game mobile yang baru aja dirilis Maret 2018 ini enggak jauh beda dari Marvel Future Fight dalam soal penokohan. Ada banyak karakter Marvel yang bisa lo mainkan di game ini, baik superhero maupun supervillain. Lo juga bisa memperkuat karakter lo seiring progres di dalam game atau pun menggunakan items. Ceritanya juga orisinal dan enggak akan lo temuin di film, serial, dan game Marvel lainnya.

Bedanya, Marvel Strike Force menggunakan sistem pertarungan turn-based. Jadi, lo enggak diberi keleluasaan untuk mengendalikan karakter seperti yang bisa lo lakukan di Marvel Future Fight. Sistemnya sendiri bisa dibilang hampir mirip dengan game Pokémon. Lo akan menyerang dengan serangan dasar atau pun skillkhusus lalu bergantian dengan musuh. Formatnya sendiri menggunakan sistem 5 lawan 5.

Game besutan FoxNext ini juga enggak bisa disandingkan dengan Marvel Future Fight dalam soal grafis. Akurasi visual yang disajikan Marvel Future Fight memang lebih baik dibanding Marvel Strike Force. Namun, bukan berarti game ini enggak menarik secara visual. Untuk ukuran game strategi turn-basedMarvel Strike Force punya kualitas grafis yang menawan dan membuat lo bakal betah menikmati pertarungan antara superhero dan penjahat.

3. Marvel Contest of Champions

Via Istimewa

Inilah jawaban Marvel atas Injustice 2-nya DC. Yap, game yang diluncurin oleh Kabam pada 2014 ini bisa menjadi pilihan buat penggemar Marvel yang suka main game tarung. Lo dikisahkan sebagai wakil Bumi dalam turnamen tarung antargalaksi yang disponsori The Collector. Konsep ceritanya sendiri terbilang sederhana. Lo harus memenangkan pertarungan dan akan mendapat kekuatan yang tak terbatas. Sebaliknya, jika lo kalah, siap-siap aja menjadi koleksi (budak) The Collector.

Sama kayak dua game di atas, lo bisa memainkan beragam karakter dari semesta Marvel, entah itu superhero atau pun supervillain. Semakin rajin lo bertarung, peluang lo mendapatkan karakter baru pun makin besar. Karakternya pun juga terus di-update sesuai dengan film atau konten terbaru dari MCU.

Dari semua aspek yang ada, sistem pertarungan menjadi aspek terbaik dalam game mobile ini. Sistem pertarungannya terbilang sederhana, namun enggak semudah yang lo bayangkan untuk menguasainya. Ada serangan ringan yang bisa lo gunakan untuk memancing musuh untuk menyerang. Di saat inilah, musuh akan lengah dan bisa lo manfaatkan untuk menyerang balik. Terlihat mudah, namun enggak segampang itu.

Grafisnya memang enggak begitu istimewa dan masih kalah mendetail dibandingin Marvel Future Fight. Namun, kualitas visualnya enggak bisa dibilang jelek. Ada banyak sekuens pertarungan yang menarik untuk dilihat. Khususnya saat lo mengeluarkan jurus pamungkas untuk menghabisi musuh.

4. LEGO Marvel Super Heroes

Via Istimewa

Buat lo yang suka kisah petualangan superhero Marvel dalam balutan mainan LEGO, game ini bisa jadi pilihan tepat. Pertama kali dirilis pada 2013, game ini membuat lo bisa merasakan pengalaman para superhero Marvel untuk menumpas kejahatan. Lo akan bermain sebagai Iron Man, Spider-Man, Hulk, Captain America, hingga karakter X-Men. Lo mempunyai misi untuk menghentikan upaya para villain seperti Loki atau Thanos yang ingin menciptakan senjata super buat menghancurkan alam semesta.

Setiap game Marvel sepertinya punya keunggulan yang sama, yaitu dari ragam karakter. Ada sekitar 91 karakter dari semesta Marvel yang bisa lo mainkan dalam game ini. Masih ada banyak lagi karakter lainnya yang bisa lo buka seiring progres lo dalam game. Gamenya sendiri jadi enggak ngebosenin berkat adanya 45 misi yang harus lo tuntaskan. Setiap misinya menyajikan sensasi dan keseruan yang berbeda, dimulai dari mengalahkan musuh dengan kekuatan super seperti terbang, tembus pandang, atau kebal peluru.

Kelemahan game ini dibanding dengan game mobile Marvel lainnya adalah soal harga. Lo harus membayar sebesar Rp66.000 untuk membeli game ini. Bandingkan dengan game mobile Marvel lainnya yang bisa lo dapatkan secara gratis. Namun, berbayar bukan berarti enggak asyik. Dijamin, harga yang mesti lo tebus bakal sesuai dengan keasyikan game ini saat lo coba memainkannya.

5. Marvel Puzzle Quest

Via Istimewa

Marvel Puzzle Quest merupakan game mobile yang diadaptasi dari seri Puzzle Quest orisinal yang rilis di platform PSP pada 2007. Game ini sendiri mencampurkan elemen puzzle ala Bejeweled dengan elemen RPG. Yap, lo enggak cuma hanya menyusun batu-batuan, namun juga mengembangkan karakter Marvel yang lo dapatkan di dalam game.

Konsep ini sendiri sempat menjadi daya tarik penggemar game puzzle pada masanya. Sistem permainannya sendiri cukup sederhana, dimulai dari misi mengoleksi sampul komik klasik Marvel beserta para karakternya. Sama kayak game-game mobile Marvel lainnya, game yang dirilis pada 2013 ini punya karakter yang sangat beragam. Jadi, enggak cuma karakter populer kayak Iron Man atau Wolverine aja, lo juga bisa mendapatkan Moon Girl atau Devil Dinosaur dalam tim lo.

Uniknya, setiap karakter mempunyai kemampuan khas yang berpengaruh terhadap susunan puzzle. Game ini juga memberi pengetahuan tentang semesta Marvel seiring lo menuntaskan misi. Makin banyak karakter yang lo miliki, pengetahuan lo akan seluk-beluk dunia Marvel pun makin meningkat.

***

Itu dia rekomendasi lima game mobile bertema Marvel yang patut lo coba sekarang. Sebenarnya, masih ada game-game Marvel khusus mobile lainnya yang bisa lo unduh dari Google Play atau App Store. Namun, enggak ada game yang mampu menawarkan keasyikan dan sensasi ala Marvel atau pun MCU dibanding lima game di atas.

Nah, apakah lo udah pernah atau saat ini lagi mainin game-game di atas? Kalau udah pernah, ceritain pengalaman lo di kolom komentar di bawah ini, ya!

Artikel Asli

Comments

comments