Home Tips & Tricks 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu

970
SHARE
Tetap tenang dan terus berdoa ya

Serangan teroris yang terjadi secara beruntun di wilayah Surabaya dan sekitarnya mengingatkan kita agar selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Kejadian ini juga menimbulkan keresehan di kalangan masyarakat.

Namun, ketika kamu berada di tempat yang dekat dengan lokasi kejadian, jangan panik! Ini hal-hal yang harus kamu lakukan ketika berada di wilayah yang terkena teror bom.

1. Tetap tenang dan cari tempat aman

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu
Unsplash/Patrick Fore

Jika terjadi serangan bom di kotamu, jangan langsung panik dan tetaplah tenang. Di tengah keresahan setelah adanya serangan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kembali ke rumah atau tempat tinggalmu. Usahakan untuk tetap berada di rumah sampai semuanya aman terkendali. Selain itu hindari untuk mendatangi atau bertahan di lokasi kejadian. Jangan lupa untuk terus memanjatkan doa pada Tuhan agar selalu dalam lindungan-Nya.

2. Pantau berita dari manapun

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu
Unsplash/Gilles Lambert

Pantau terus berita terkini melalui media elektronik atau pun media online. Media sosial juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai situasi dan kejadian di lokasi penyerangan. Pastikan juga berita tersebut telah mendapat keterangan dari otoritas setempat.

3. Jangan sebarkan hoax dan foto-foto korban!

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu
Unsplash/James Schultz

Jika kamu berada di lokasi terjadinya teror bom, berita atau foto-foto korban akan beredar di grup-grup yang kamu punya. Ingat, jika mendapatkan berita, jangan langsung percaya dan menyebarkannya! Pastikan dulu kebenaran berita tersebut, setelah itu baru sebarkan pada keluarga dan teman-teman terdekat. Selain itu, jika mendapatkan foto-foto korban pastikan kamu tidak menyebarkannya untuk menjaga privasi keluarga.

4. Datang ke PMI terdekat

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu
hellosehat.com

Jika kamu ingin menolong korban, bukan berarti kamu harus datang langsung ke lokasi kejadian. Coba datang ke PMI terdekat dan tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan donor darah atau tidak. Hal ini lebih berguna daripada kamu harus datang ke lokasi kejadian dan hanya ingin melihat kondisi di sana. Kamu juga bisa mengganggu petugas yang mengevakuasi lokasi kejadian.

5. Berbagi dengan sesama melalui hal kecil

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Teror Bom di Kotamu
Unsplash/Craig Philbrick

Dalam situasi seperti ini, hal kecil yang kamu lakukan akan sangat berarti bagi orang-orang yang membutuhkan. Tidak harus sesuatu yang besar, kamu bisa membantu dengan cara membagikan makanan atau minuman pada pihak berwajib yang sedang bertugas, atau ke keluarga korban dan masyarakat sekitar yang masih shock pasca kejadian tersebut.

Selain itu, beberapa cafe di Surabaya dan Jakarta juga memberikan donasi dari hasil penjualan yang mereka dapatkan. Kamu juga bisa turut menyumbang melalui mereka.

Itu tadi beberapa hal yang bisa lakukan ketika ada teror bom di kotamu. Hal paling utama harus kamu perhatikan adalah keselamatan. Teror seperti ini bukan suatu ajang yang harus ditonton, justru kamu harus menjauhinya dan biarkan pihak berwajib yang menanganinya. Dan mari kita sama-sama berdoa untuk saudara-saudara kita yang berada di Surabaya #PrayforSurabaya #SuroboyoWani.

Artikel Asli

Comments

comments