Home Entertainment 10 Hal yang Perlu Lo Tau Tentang Android Oreo

10 Hal yang Perlu Lo Tau Tentang Android Oreo

986
SHARE

Oreo yang ini nggak bisa dimakan

Akhirnya setelah penantian panjang, Google meresmikan software Android kedelapannya dengan nama….. Android Oreo! Nih, P! udah kumpulin beberapa hal tentang si android baru ini yang kali aja pengen lo tau. Cekidot!

1. O nya bukan ‘Opor Ayam’

Mana neeehhh orang-orang Indonesia yang nyaranin Opor Ayam buat jadi nama Android terbaru? Hihi. Akhirnya Google memilih Oreo sebagai nama Android 8 mereka. Seperti nama-nama terdahulunya, Andorid menggunakan nama makanan terutama dessert/makanan ringan, dan Oreo emang udah berada di pilihan nama paling populer sebelum diresmikan.

2. Kapan Android Oreo dirilis?

Setelah hari ini (21/8) diresmiin, Google bakal mulai mendorong proses update-nya, dan bagi lo para pengguna Google Pixel, Pixel XL, Pixel C, atau Nexus 6P/Nexus 5X bisa langsung ngedapetin notifikasi update-nya setelah perilisan. Tapiii buat para pengguna android dari Sony, Samsung, LG, HTC, Huawei, Honor, OnePlus, Motorola, dan sebagainya harus sabar nih nungguin paling cepet beberapa minggu lagi (bahkan bisa memakan waktu berbulan-bulan). Kenapa lama banget? Soalnya nggak kayak Pixel dan Nexus yang dibikin langsung sama/untuk Google, produsen lain punya sistem sendiri di android, yang mengharuskan mereka untuk merekayasa ulang setiap rilisnya software baru sebelum bisa lo upgrade.

3. Video multitasking

Ini mungkin emang bukan fitur yang baru, tapi di android 8 atau Oreo, mode Picture-in-Picture akhirnya ditanamkan dalam fondasi Android. Artinyaaa, lo sekarang bisa muter video (baik dari YouTube atau video chat) dalam versi kecil di layar), ini memungkinkan lo untuk bisa nonton video atau video call sambil melakukan hal lain di ponsel lo. Jadi lo bisa ngetik chat sambil nonton tutorial di YouTube, bisa video call sama pacar sambil main game, kewl kaaan!

4. Notifikasi yang bisa terbaca

Nggak cuma bisa ngasih tau berapa notifikasi yang ada di hape lo lewat ikonnya, sekarang Google memperkenalkan “dots to apps” di Oreo. Lo bisa tau apa isi notifikasinya tanpa perlu ngebuka aplikasi tersebut atau swipe down notification bar di hape lo.

5. Kecepatan bertambah

Google mengklaim bahwa Android Oreo bakalan mampu untuk nge-load apps dua kali lebih cepet daripada pendahulunya, Android Nougat.

6. Baterai lebih tahan lama

Ini juga penting nih, nguras baterai nggak yaa?  Kalo kata Google sih update terbaru ini juga bisa meningkatkan performa baterai hape lo. Android Oreo katanya lebih pintar dalam mengurangi power dan memori yang diperlukan dalam membuka sebuah aplikasi.

7. Lebih banyak emoji!

Ihiyyyy! Walaupun kalo soal emoji, Google selalu lebih ketinggalan daripada Apple, mereka terus improve kok mengetahui generasi zaman sekarang suka banget sama emoji-emoji. Di Android Oreo, akan ada 60 emoji baru yang bisa lo eksplor. Bukan cuma itu, Google juga mendesain ulang seluruh katalog emoji nya, jadi jangan kaget kalo nanti lo bakal ngeliat emoji-emoji lama yang jadi lebih fresh.

8. Ikon apps yang lebih funky

Karena Google bakalan menonjolkan interaksi pengguna dengan ikon apps nya kayak tekan lama untuk mendapatkan pop up notifikasi, developer juga membuat interaksi tersebut jadi lebih fun. Kayak animasi di atas, ikon apps lo bisa berubah jadi “hidup” ketika ada interaksi, atau lo lagi nge-scroll home page screen.

9. Copy paste yang lebih pintar

Fitur copy paste juga katanya lebih pintar nih di Android Oreo. Contohnya, cuma dengan men-highlight nomor telepon aja, android lo bakalan merekomendasikan apps Phone, lo select alamat email bakalan dirujuk ke Gmail, dan ketika lo men-highlight alamat, bisa langsung kebuka ke Google Maps. Semua jadi lebih simpel dan cepet!

10. Temuin Android Octopus yang tersembunyi!

Google selalu bikin kejutan kecil di setiap perilisannya, dan nggak terkecuali Android Oreo. Lo bisa nemuin octopus tersembunyi dengan cara ke Setting > System > About Phone. Selamat mencoba, hihi!

Artikel asli

Comments

comments