Home Entertainment Kumpulan Aplikasi dan Startup Kuliner Terbaik di Indonesia

Kumpulan Aplikasi dan Startup Kuliner Terbaik di Indonesia

1585
SHARE

Kuliner merupakan salah satu ranah yang cukup potensial bagi para pelaku startup di tanah air. Hingga saat ini, tak sedikit jumlah pemain yang menghadirkan beragam layanan terkait kuliner, mulai dari direktori tempat makan, layanan pesan antar, hingga platform pencarian resep.

Lewat artikel ini kami mengumpulkan sejumlah nama startup yang bergerak di bidang kuliner sesuai kategori mereka masing-masing, agar mudah untuk dibaca. Semoga bermanfaat.


Direktori restoran

Zomato

Situs direktori restoran asal India ini hadir di Indonesia pada akhir November 2013. Selain digunakan untuk menemukan restoran, pengguna Zomato juga bisa mengintip harga menu dan melihat restoran mana yang direkomendasikan oleh teman mereka.

Di tahun 2017 ini, Zomato telah memiliki tiga puluh ribu daftar nama restoran yang tersebar di daerah Jabodetabek dan Bali. Dengan layanan aplikasi mobile yang komprehensif, aplikasi ini menjadi pilihan banyak pecinta kuliner di Indonesia.

Foodsessive

Foodsessive merupakan aplikasi yang membagikan informasi seputar kuliner dan tempat nongkrong sekaligus nyemil terbaik di Kota Surabaya. Aplikasi buatan developer Yolanda ini menyediakan daftar restoran, rekomendasi, berikut ulasan yang disajikan dalam bentuk tulisan blog.

Sebelumnya, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai katalog restoran saja, dan kemudian turut membawakan ulasan. Apabila kamu berniat untuk mengunjungi kota terbesar kedua di Indonesia tersebut, aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi buat kebutuhan wisata kulinermu.

Mangan

Sama halnya seperti layanan direktori restoran lainnya, Mangan menghadirkan panduan informasi kuliner berisikan ulasan, panduan, dan juga rekomendasi restoran mana saja yang  kepada para penggunanya. Bedanya, aplikasi ini hadir khusus untuk memberikan layanan informasi panduan wisata kuliner di kota Solo, Jawa Tengah.

Wakuliner

Wakuliner merupakan aplikasi direktori restoran, sekaligus marketplace yang menyediakan beragam jenis produk layanan kuliner. Wakuliner sendiri baru saja melakukan soft launching pada tanggal 9 Agustus 2017 dan direktori aplikasi ini meliputi kafe, katering, serta depot.

Di samping aplikasi untuk konsumen, Wakuliner juga mempunyai aplikasi terpisah yang memungkinkan pengguna menambahkan restoran mereka untuk berjualan melalui Wakuliner. Lewat aplikasi bernama Wakuliner Merchant ini, penjual bisa menerima order dan melakukan pengiriman paket lewat perusahaan logistik yang bekerja sama dengan Wakuliner.

Pergikuliner

Pergikuliner adalah aplikasi yang berisi informasi lokasi, menu, jam buka, fasilitas, serta rentang harga di sebuah restoran tertentu. Aplikasi ini telah diluncurkan sejak tahun 2014 dan hingga kini masih terus mendapatkan pembaharuan konten dan ulasan dari para penggunanya.

Berbeda dengan direktori lainnya, Pergikuliner terkesan lebih mengutamakan foto makanan, bukan ulasan berupa tulisan, sehingga pengguna bisa menilai apakah restoran tersebut cocok atau tidak. Saat ini Pergikuliner baru menyasar informasi tempat makan yang terletak di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Foody

Berbeda dengan Zomato dan Qraved yang menonjolkan ulasan kuliner atau restoran dalam bentuk tulisan dan foto, startup Foody asal Vietnam ini justru menghadirkan ulasan kuliner dalam bentuk video. Selain mengandalkan ulasan yang menarik dan lengkap di platform mereka, Foody juga melakukan pemasaran dengan memanfaatkan Instagram, serta mengadakan berbagai event offline untuk para pengguna mereka di berbagai kota.


Pemesanan restoran

Qraved

Diluncurkan pada September 2013, Qraved awalnya hadir sebagai platform direktori dan pemesanan kursi restoran. Namun seiring dengan perkembangannya,  startup ini memperluas cakupannya ke ranah konten dengan menyediakan Qraved Journal yang berisikan artikel-artikel seputar kuliner.

Melalui Qraved, pengguna tak sekadar mencari rekomendasi restoran di sekitar mereka saja, tetapi juga langsung melakukan pemesanan di restoran yang mereka temukan. Saat ini Qraved telah menjangkau beberapa kota di Indonesia, meliputi Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Bandung, Medan, dan Bali.

Chope

Chope bisa dibilang menjadi startup pesaing Qraved di persaingan bisnis pemesanan kursi restoran Indonesia. Layanan online asal Singapura yang hadir di tanah air setelah mengakuisisi startupMakanLuar pada bulan April 2016. Berbeda dengan kompetitornya, Chope lebih berfokus pada pelayanan booking serta promosi potongan harga dibandingkan penulisan konten seperti kompetitornya.


Pengiriman makanan

Klik-Eat

Klik-Eat menghadirkan layanan pesan antar makanan yang fokus di wilayah Jakarta dan Cikarang. Startup yang tahun lalu diakuisisi oleh perusahaan Jepang ini baru menyediakan layanan untuk area Jakarta, Tangerang, dan Bandung.

Klik-Eat sendiri mengklaim telah bekerja sama dengan lebih dari lima ratus mitra restoran. Dari ratusan restoran yang tergabung, tersedia lima kategori makanan di Klik-Eat, yakni masakan Indonesia, India, Jepang, Cina, dan juga Barat.

Raja-Makan

Raja-Makan merupakan layanan aplikasi pengantaran makanan yang melayani pemesanan di wilayah Jakarta dan Surabaya. Sejak diluncurkan pada Mei 2014, Raja-Makan telah bekerja sama dengan lebih dari 150 restoran untuk melayani pelanggannya. Selain menghadirkan pelayanannya melalui desktop, Raja-Makan juga melayani pelanggan lewat aplikasi mobile.

Kulineran

Kulineran adalah layanan delivery makanan yang khusus melayani wilayah Yogyakarta. Sejak diluncurkan pada Maret 2014, Kulineran diklaim sudah memiliki sekitar 105 restoran dengan 4106 menu makanan. Di samping fokus membantu kebutuhan pelanggannya lewat aplikasi mobiledan layanan desktop, Kulineran juga hadir menyapa pelanggannya melalui akun LINE Kulinerancom.

HungryDash

HungryDash merupakan aplikasi media sosial khusus penggemar kuliner yang sekaligus merangkap sebagai layanan pengantar makanan. Dengan model penggunaan yang mirip Twitter, HungryDash mencoba memenuhi keinginan para pecinta kuliner dengan menyajikan direktori tempat makan di sekitar lokasi mereka.

GO-FOOD

GO-FOOD merupakan bagian dari layanan GO-JEK yang memungkinkan penggunanya untuk memesan makanan langsung melalui aplikasi ride hailing tersebut. Produk dari startup yang awalnya hanya fokus bergerak di ranah transportasi ini resmi hadir pada bulan April 2015 dan terus mengalami perkembangan pesat. Saat ini mereka pun melayani pembayaran lewat GO-PAY, solusi pembayaran yang juga dikembangkan oleh GO-JEK.

GrabFood

Sama halnya dengan GO-FOOD, GrabFood merupakan bagian dari layanan aplikasi ride hailing Grab, yang digunakan untuk memesan makanan dan minuman dari berbagai lokasi di sekitar pengguna. Sejak diluncurkan bulan Mei 2016 yang lalu, GrabFood telah aktif beroperasi di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.


Katering online

BerryKitchen

Sebagai layanan katering online, BerryKitchen menyediakan berbagai menu makan siang, bento, dan makanan ringan. Sebagian besar pelanggan startup ini merupakan pekerja kantoran. Pada bulan Juni 2014, BerryKitchen bisa melayani pesanan 600 kotak makanan setiap harinya. Di tahun 2015, startup ini telah berhasil melayani lebih dari 241.000 kotak makanan dan menyediakan sekitar 2.380 variasi menu untuk pelanggannya.

Gorry Gourmet

Diluncurkan pada September 2013, Gorry Gourmet menyediakan makanan sehat. Layanan ini juga menyediakan paket makanan diet mayo yang diklaim sudah diuji oleh ahli gizi.

Di samping menyediakan paket khusus diet, startup ini juga menyediakan makanan ringan sehat lainnya. Setelah lebih dari satu tahun beroperasi, Gorry Gourmet mengklaim berhasil mendapat 3.000 pelanggan yang rata-rata didominasi kalangan wanita yang bertempat tinggal di Jabodetabek.

Blekros Diet

Blekros Diet merupakan startup kuliner yang menyediakan paket katering makanan untuk diet mayo. Berbeda dengan kompetitornya, Blekros Diet menyediakan paket berdurasi 13 hari (untuk makan siang dan malam) dan dibanderol dengan harga Rp2,85 juta. Paket tersebut hadir sekali setiap bulannya, dan peserta diet wajib melakukan pra registrasi dulu untuk mengikuti gelombang pemrograman diet mayo mereka di setiap bulan.

Kulina

Kulina adalah sebuah situs pemesanan katering makan siang dari dapur mitra pilihan yang telah ditunjuk pihak pengelola. Startup ini menawarkan kemudahan pemesanan katering lewat perangkat mobile dan akses web mobile. Kulina sendiri menggunakan sistem pre-order. Artinya pengguna harus memesan makanan sehari sebelumnya dengan minimal pemesanan tiga hari ke depan.


Resep masakan

Cookpad

Setelah diakuisisi oleh website resep masakan asal Jepang Cookpad pada bulan April 2014 lalu, web jejaring sosial untuk berbagi resep masakan asal Indonesia DapurMasak melakukan rebranding dengan nama Cookpad. Di bawah nama barunya, pengguna tetap bisa berbagi resep dan foto masakan yang mereka masak. Pada akhir tahun 2014web ini telah memiliki 9.000 resep di dalam platformnya dan melayani satu juta pengunjung unik tiap bulannya.

SajianSedap

Startup yang menjadi bagian dari Kompas Gramedia ini menyediakan portal resep masakan dan panduan praktis memasak bagi para pembacanya. Pembaca bisa mencari resep masakan berdasarkan kategori seperti masakan, minuman, kue, waktu penyajian, hingga bahan masakan. Selain artikel, web SajianSedap juga menampilkan video tutorial untuk memasak dalam menu SedapTV.

MasakApa

MasakApa merupakan aplikasi kuliner yang juga dimiliki oleh grup media Detik. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menemukan resep dan tip masakan. MasakApa juga menyediakan video tutorial memasak.

KokikuTV

Sama seperti portal SajianSedap, KokikuTV juga menghadirkan resep masakan serta panduan praktis untuk memasak bagi para pembacanya. Berbeda dengan para kompetitornya, startup ini mempunyai fokus yang lebih besar untuk menyediakan konten video tutorial memasak.

KokikuTV juga memiliki channel YouTube resmi yang saat ini telah menjaring lebih dari 231 ribu subscriber. Di samping membuat konten, startup ini juga menggaet channel video YouTube lainnya sebagai partner konten kreator.


Lainnya

CeritaPerut

Berawal dari blog komunitas, CeritaPerut merupakan situs yang menampilkan rekomendasi kuliner dan cerita atau pengalaman yang ditulis oleh member maupun tim konten CeritaPerut sendiri. Pembaca bisa mencari kuliner terpopuler di berbagai kota di Indonesia dalam menu Top Rekomendasi. Selain rekomendasi dan cerita kuliner, CeritaPerut juga menampilkan promo restoran di platformnya.

OpenSnap

OpenSnap merupakan aplikasi berbagi foto makanan yang dibuat oleh layanan direktori dan review restoran OpenRice. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengunggah dan membuat album foto makanan pribadi dan membagikannya ke sesama pengguna OpenSnap maupun ke jejaring sosial lain.

Pengguna juga bisa melengkapi foto yang diunggah dengan informasi seperti ulasan singkat, nama makanan, serta nama restoran. Pengguna juga bisa mengikuti pengguna lain, memberi ‘Like’, dan berkomentar pada foto pengguna lain.

Artikel asli

Comments

comments