Home Entertainment Adu Xiaomi Redmi S2 vs Redmi Note 5

Adu Xiaomi Redmi S2 vs Redmi Note 5

1198
SHARE
Xiaomi Redmi S2. Dalam paket penjualannya, Redmi S2 hanya menyertakan kelengkapan standar seperti pengisi daya, kabel, dan pelindung ponsel. Tidak ada tuas untuk mengeluarkan SIM dan earphone. (Foto: CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Jakarta, CNN Indonesia — Xiaomi mengeluarkan varian ponsel selfie Redmi S2, namun harga berbanding tipis dengan ‘saudara kandungnya’ Redmi Note 5 yang punya performa lebih gahar. Lantas apakah kamera seri selfie ini benar-benar cukup berharga untuk diperjuangkan dengan sedikit toleran terhadap performanya? Berikut ulasannya.

Seri S dari Xiaomi ini dibuat untuk menyasar para pecinta selfie, maka digunakanlah huruf S sebagai penanda seri tersebut. Dari segi bodi, Redmi S2 tak beda jauh dengan Redmi Note 5. Bedanya ponsel ini sedikit lebih tinggi (160,7 mm vs 158,6 mm) dan lebar (77.3 mm vs 75,4 mm).

Bahkan desain di bagian belakang dan depan pun nyaris tak berbeda. Terdapat kamera ganda dan sensor sidik jari di bagian belakang.

Sementara di bagian depan terdapat satu kamera dengan dua sensor. Sementara dari sisi penyimpanan, kedua ponsel ini juga memiliki kapasitas serupa baik untuk memori internal dan eksternal.


Dari segi harga, Xiaomi Redmi S2 dibanderol dengan harga yang berselisih harga tipis dengan Redmi Note 5. Redmi Note 5 dibanderol 2,5 juta sedangkan Redmi S2 dijual Rp2,4 juta.

[EMB]Adu Xiaomi Redmi S2 vs Redmi Note 5Redmi Note 5. Tampilan kedua ponsel ini memang nyaris identik dengan perbedaan tipis dari segi dimensi  (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Layar, memori, chipset

Sementara untuk urusan layar, Redmi Note 5 lebih unggul karena punya kerapatan lebih tinggi dari S2. Kerapatan layar Note 5 403 ppi, sementara S2 hanya 269 ppi. Hal ini juga nampak dari resolusi layar S2 yang hanya 720 x 1440 piksel, sementara Note 5 resolusinya lebih tinggi 1080 x 2160 piksel.

Untuk urusan memori, Note 5 juga punya RAM dengan pilihan kapasitas lebih tinggi (4/6GB) ketimbang S2 (3/4GB). Namun untuk ROM dan memori eksternal, keduanya dibekali dengan kapasitas yang sama.

Perbedaan lain adalah dari segi chipset yang digunakan. Redmi Note 5 sudah menggunakan prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 636. Sementara S2 masih menggunakan chipsetlawas yang keluar pada 2016, Snapdragon 625. Untuk perbandingan kedua chipset ini akan dibahas pada bagian akhir dari tulisan ini.

Kamera Tak Detil, Tapi Kontras Baik
Foto: (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Kamera Tak Detil, Tapi Kontras Baik

Redmi S2 hadir dengan kamera ganda yang disebut-sebut telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Kedua kamera di bagian belakang ponsel punya resolusi 12MP dan 5MP. Sementara di bagian depan, S2 menggunakan kamera dengan resolusi 16MP. Resolusi maksimal yang bisa ditangani oleh Snapdragon 625.

Dibandingkan dengan Redmi Note 5, kamera depan ponsel punya resolusi lebih besar, 20MP. Sementara kamera belakangnya punya resolusi serupa, kamera ganda dengan 12 MP dan 5 MP.

Meski spesifikasi kamera belakang serupa, namun cara pengaturan warna dan hasil foto dari kedua ponsel ini berbeda. Dari segi suasana (tone) warna yang dihasilkan, Redmi Note 5 cenderung membuat warna foto yang lebih dingin karena hasil foto cenderung kebiruan. Sementara warna yang dihasilkan S2 cenderung lebih hangat karena hasil foto cenderung kekuningan.

 

[EMB] Xiaomi Redmi S2Foto luar ruang Xiaomi Redmi S2. Warna coklat dan hijau pada foto tampak lebih hidup, tapi hasil foto kamera belakang ponsel ini tak setajam Note 5 seperti tampak pada foto dibawah. Selain itu produksi warna biru kamera ini juga tak sebaik Redmi Note 5. Hal ini terlihat dari warna langit yang tampak di kedua foto. (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Hasil foto tampak lebih dramatis lantaran tangkapan kamera lebih tajam dan kontras menangkap sisi-sisi pohon dan tiap detail helaian daun. Selain itu foto ini juga memperlihatkan sudut kamera yang lebih lebar dari S2. Sehingga area yang bisa ditampilkan pada kamera Note 5 lebih luas, perhatikan objek yang bisa ditangkap pada sisi kiri dan kanan kedua foto ini. (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Hasil foto Redmi S2 ketika melakukan perbesaran penuh 8x. (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Hasil foto perbesaran 8x Redmi Note 5. Jika dibandingkan dengan S2, hasil foto kamera belakang Redmi Note 5 lebih tajam (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Hasil foto Redmi S2 dengan latar berwarna biru (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Redmi Note 5 bisa menangkap cahaya dan memproduksi warna biru lebih baik. Langit kebiruan di latar foto pun masih bisa tertangkap ketimbang S2. (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Redmi Note 5 punya warna dengan suasana yang dingin lantaran kamera ponsel ini memproses warna biru lebih baik. Sehingga hasil fotonya akan tampak menarik ketika diarahkan untuk memotret objek yang kebiruan, seperti langit atau laut misalnya. Tapi, warna hijau yang diproduksi kamera seperti tersaput dan mati.

Sementara Redmi S2 yang memproduksi warna lebih hangat atau kekuningan. Sehingga ponsel kamera ini lebih baik untuk memotret dengan pemandangan warna hijau seperti pegunungan. Sebab, S2 berhasil memproduksi warna hijau yang cemerlang.

Tapi ketika diarahkan ke arah latar berwarna biru, hasilnya jadi lebih kekuningan ketimbang hasil foto Redmi Note 5.Baik juga untuk memotret luar ruang ketika sore hari dimana warna matahari sudah mulai tampak kekuningan.

[EMB] Xiaomi Redmi S2Hasil foto Xiaomi Redmi S2. Kamera belakang ponsel ini cenderung punya warna yang hangat dengan warna kuning yang lebih dominan. Hasilnya, tangkapan kamera pada warna seperti hijau, coklat, atau merah jadi lebih menarik. (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5. Warna yang dihasilkan cenderung dingin karena dominan menghasilkan warna biru, sehingga ketika menangkap objek berwarna hijau warnanya tampak mati. (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Kamera selfie

Saat ponsel dicoba untuk melakukan pemotretan selfie, Warna yang dihasilkan oleh Redmi S2 punya kontras warna yang lebih menarik ketimbang Redmi Note 5.

Warna wajah pada S2 membuat wajah tampak lebih berkontur ketimbang Note 5 yang membuat warna wajah tampak datar. Datar karena semua warna di wajah tampak seperti tersaput warna putih.

Meski demikian, jika kita lihat bagian latar dan atap, tampak bahwa Note 5 mampu menangkap lebih banyak cahaya ketimbang Redmi S2. Sehingga bagian latar pada foto Redmi Note 5 (kanan) tampak lebih cerah ketimbang S2 (kiri).

[EMB] Xiaomi Redmi S2Warna yang dihasilkan Redmi S2 (kiri) punya warna yang lebih kontras ketimbang Note 5 (kanan). Sehingga warna wajah pada potret selfie jadi tampak lebih menarik (CNN Indonesia/Eka Santhika)
[EMB] Xiaomi Redmi S2Ketika diperbesar, foto Redmi S2 (kiri) tak bisa memproduksi detil sebaik Note 5 (kanan) yang bisa menampilkan detil bulu mata dan alis lebih baik (CNN Indonesia/Eka Santhika Parwitasari)

Saat gambar diperbesar, Redmi Note 5 juga bisa menampilkan detil yang lebih baik ketimbang Redmi S2 . Hal ini  bisa dilihat dari detil yang ditampilkan pada bagian bulu mata dan alis. Hal serupa juga nampak dari hasil foto luar ruangan kedua kamera ini.

Jadi, pengguna tinggal memilih apakah hendak memilih kamera dengan kontras menarik milik S2 sehingga tak perlu banyak retouch lagi setelah memotret, terutama untuk potret selfie.

Pilihan lain adalah kamera milik Redmi Note 5 yang bisa membuat potret lebih tajam dan detil tapi hasil foto terlihat datar. Sehingga jika ingin foto tampak lebih bagus, pengguna perlu sedikit usaha lebih untuk membuat warna-warna lebih keluar.

Adu Xiaomi Redmi S2 vs Redmi Note 5
Secara keseluruhan ponsel ini tidak terlalu istimewa ketimbang Note 5 (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Performa dan Kesimpulan

Chipset ini memang sempat sangat populer dipakai berbagai smartphone, sebab dikenal punya performa cukup menarik di kelasnya sekaligus pengaturan penggunaan daya yang baik.

Meski Qualcomm lantas mengeluarkan Snapdragon 630 sebagai kelanjutan dari 625, tapi hingga saat ini masih banyak pabrikan yang memilih 625 untuk menjadi otak ponsel mereka. Snapdragon 636 sendiri merupakan kelanjutan dari seri 636.

Snapdragon 636 berjalan dengan kecepatan clock 2GHz, sementara 625 berjalan dengan kecepatan clock 1,8 GHz.

Dari hasil pengujian Antutu, ponsel ini mendapat angka 77.474, sedikit lebih tinggi dari rata-rata pengujian chipset Snapdragon 625 dari berbagai merek yang berada di angka 63.215.

Perbedaan angka ini bisa terjadi lantaran perbedaan tiap pemanufaktur mengoptimalkan chipset yang mereka gunakan dengan perangkat lainnya.

Sementara chipset Snapdragon 636 mendapat nilai rata-rata lebih tinggi di angka 94.305, jauh meninggalkan 625.

Snapdragon 636 telah menggunakan CPU Kyro yang sebelumnya digunakan Qualcomm untuk chipset highend mereka. Namun kini cip CPU tersebut juga dibawa ke chipset ponsel kelas menengah.

Selain itu 630 juga sudah menggunakan teknologi Big.Little. Ini adalah teknologi dimana CPU yang digunakan pada chipset terdiri dari CPU dengan performa besar dan kecil.

CPU performa besar digunakan untuk mengolah pekerjaan rumit, seperti mengelola grafis 3D. Sementara prosesor yang lebih kecil digunakan untuk mengelola pekerjaan yang lebih ringan, misal untuk sekedar berselancar. Pembagian ini dilakukan untuk menghemat baterai perangkat.

Baterai 

Untuk pengelolaan penggunaan baterai, ponsel ini terhitung masih cukup efisien. Dengan kapasitas 3080mAh, baterai ponsel berkurang 18 persen saat diuji memainkan film secara offline.

Meski demikian ketimbang Redmi Note 5, kapasitas baterai ponsel ini masih lebih kecil. Redmi Note 5 dibekali dengan daya 4.000 mAh. Ditambah dengan teknologi big.little pada chipset-nya, diatas kertas baterai Note 5 semestinya.

Kesimpulan

Dari hasil perbandingan kedua ponsel ini, sebenarnya Note 5 punya lebih banyak kelebihan ketimbang S2. Apalagi selisih harga keduanya cuma beda tipis. Sehingga dari hasil perbandingan ini Note 5 akan lebih menguntungkan dari segi performa dan kamera yang lebih tajam dan detil.

Tapi, jika pengguna ingin mendapat ponsel dengan hasil foto selfie yang lebih menarik, maka Redmi S2 bisa masuk dalam pertimbangan.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Xiaomi Redmi S2 dari Note 5:
– Warna foto selfie yang dihasilkan punya hasil yang lebih menarik, mampu menampilkan kontur muka lebih baik.
– Harga lebih murah.

Kekurangan Xiaomi Redmi S2 dari Note 5:
– Prosesor lawas
– RAM lebih kecil
– Layar tak setajam Redmi Note 5

Spesifikasi Xiaomi Redmi S2 dan Note 5

Spesifikasi Redmi S2 Redmi Note 5
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
Qualcomm SDM636 Snapdragon; Octa-core 1.8 GHz Kryo 260;Adreno 509
Layar 5,99 inci; 720 x 1440 piksel, rasio 18:9, kerapatan layar 269 ppi 5.99 inci, 1080 x 2160 piksel; rasio 18:9; kerapatan layar 403 ppi
Kamera Belakang 12 MP (f/2,2, 1,25µm, PDAF)
5 MP (f/2,0, 1,12µm, sensor kedalaman)
12 MP (f/2,2, 1,25µm, PDAF)
5 MP (f/2,0, 1,12µm, depth sensor)
Kamera Depan 16MP 20 MP, f/2.2, 1/2.8″, 1µm
Baterai 3080mAh 3080 mAh
Memori/ RAM 3/4 GB 4/6 GB
ROM 32/64 GB 32/64 GB
Eksternal hingga 256 GB hingga 256 GB
Slot sim ganda (nano) sim ganda (nano)
Sistem operasi Android 8.1; MIUI 9.5 Android 7.1.2 (Nougat)
Fitur lain 170 gram, dimensi 160,73 x 77,26 x 8,10 mm, pemindai sidik jari, radio FM, quick charge 2.0, infrared, bluetooth 5.0 181 gram, dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm, pemindai sidik jari, radio FM, quick charge 2.0, infrared, bluetooth 5.0.
Harga Rp2,4 jutaan Rp2,5 juta

Artikel Asli

Comments

comments