Home Tips & Tricks 10 Keyword Tersembunyi Google Search yang Bikin Browsing Makin Asyik!

10 Keyword Tersembunyi Google Search yang Bikin Browsing Makin Asyik!

1005
SHARE
Google Search pastinya kamu gunakan untuk mencari informasi-informasi yang belum kamu ketahui dengan memasukkan sejumlah keyword. Nah ternyata ada loh 7 keyword tersembunyi Google Search yang bikin aktivitas browsing kamu makin asyik guys!

Siapa sih di antara kamu yang nggak pernah menggunakan Google Search? Bahkan orang yang baru pertama kali mengenal internet, pasti menggunakan layanan browsing ini saat menggunakannya loh.

Nah Google memang bukan sekadar mesin pencari biasa, melainkan dilengkapi juga dengan berbagai fitur rahasia dan mungkin belum kamu ketahui sebelumnya loh. Penasaran? Berikut Jaka ulas 10 keyword alias kata kunci tersembunyi di Google Search guys.

Inilah 10 Keyword Tersembunyi Google Search yang Bermanfaat Abis!

keyword-tersembunyi-google-search-intro
Sumber foto: lifewire.com

Nggak kebayang di pikiran kamu jika di dunia ini nggak ada Google? Bayangkan jika kamu sedang kesulitan mencari suatu petunjuk atau tutorial dan Google bisa menjadi solusi yang paling cepat dan tepat apalagi di era perkembangan internet seperti saat ini.

Namun sayangnya nggak semua orang memahami penggunaan layanan ini secara maksimal loh. Daripada kamu kudet dan biar kelihatan keren di depan teman-temanmu, berikut adalah 10 keyword tersembunyi Google Search yang bikin browsing makin asyik. Yuk simak!

1. Pencarian Situs Secara Spesifik

keyword-tersembunyi-google-search-1

Keyword – site:[alamat situs] [keyword]

Pertama, jika kamu hendak melakukan pencarian spesifik mengenai suatu topik di website tertentu kamu bisa menggunakan kata kunci “site:[alamat situs] [keyword]”. Misalnya kamu mencari topik seputar iPhone di Jalantikus.com, maka yang ditampilkan adalah halaman-halaman Jalantikus.com yang berkaitan atau memuat iPhone guys.

2. Pencarian Situs yang Berhubungan

keyword-tersembunyi-google-search-2

Keyword – related:[alamat situs]

Lain halnya jika kamu hendak mencari situs-situs yang berhubungan atau memiliki topik pembahasan yang sama dengan website yang kamu miliki. Kamu tinggal memasukkan keyword “related:[alamat situs]” untuk melakukan pencarian.

3. Mengetahui Kondisi Cuaca

keyword-tersembunyi-google-search-3

Keyword – cuaca di [nama tempat]

Jika kamu belum memiliki aplikasi cuaca di smartphone kamu, nyatanya Google menyediakan fitur sejenis loh. Tinggal masukkan keyword “cuaca di [nama tempat]” untuk mengetahui kondisi cuacadan prakiraan di lokasi yang kamu inginkan. Siap payung sebelum hujan nih!

4. Konversi Nilai Mata Uang

keyword-tersembunyi-google-search-4

Keyword – [nilai uang] [mata uang 1] ke [mata uang 2]

Mau jalan-jalan ke luar negeri atau malah beli smartphone Android China terbaru, tapi bingung untuk konversi ke Rupiah? Tenang saja dengan keyword “[nilai uang] [mata uang 1] ke [mata uang 2]”kamu bisa mengetahuinya dengan mudah, tanpa harus cek kurs guys.

5. Konversi Nilai Ukuran

keyword-tersembunyi-google-search-5

Keyword – [nilai ukuran] [ukuran 1] ke [ukuran 2]

Berguna banget nih buat anak IPA? Buat kamu yang sering berurusan dengan nilai ukuran, gampang banget buat lakukan konversi dari satu ukuran ke ukuran lain. Tinggal masukkan keyword “[nilai ukuran] [ukuran 1] ke [ukuran 2]” maka Google akan mengerjakannya untuk kamu.

Gak perlu install lagi! Ternyata aplikasi berguna ini sudah ada di Google Search loh

6. Penerjemah Bahasa

keyword-tersembunyi-google-search-6

Keyword – translate [kata] from [bahasa asal] to [bahasa tujuan]

Memang Google memiliki fitur Google Translate untuk menerjemahkan ke dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Namun kamu juga bisa menggunakannya langsung di Google Search dengan keyword “translate [kata] from [bahasa asal] to [bahasa tujuan]” untuk mendapatkannya langsung di kolom pencarian.

7. Mencari Arti Kata

keyword-tersembunyi-google-search-7

Keyword – define [kata yang dicari]

Selain sebagai alat untuk mengalihbahasakan sebuah kata dari satu bahasa ke bahasa lainnya, Google Search juga memiliki fitur tersembunyi sebagai kamus alias dictionary. Di sini kamu tinggal masukkan “define [kata yang dicari]”. Namun umumnya hanya bisa untuk bahasa Inggris deh.

8. Mengetahui Zona Waktu Dunia

keyword-tersembunyi-google-search-8

Keyword – waktu di [lokasi]

LDR tapi pacarannya beda benua? Duh sedih banget ya apalagi beda zona waktu yang membuat kamu pasti kesulitan untuk menghubunginya. Namun kamu bisa juga mengetahui zona waktu dunia dengan masukkan keyword “waktu di [lokasi]”. Gampang kan?

9. Menghilangkan Keyword Tertentu

keyword-tersembunyi-google-search-9

Keyword – [keyword] -[kata yang dihilangkan]

Mau melakukan pencarian spesifik dengan menghilangkan kata kunci tertentu? Kamu tinggal menyisipkan tanda “-” sebelum keyword yang hendak kamu hilangkan. Seperti saat mencari keyword “aplikasi edit video -android”, maka kebanyakan yang dimunculkan adalah aplikasi edit video PC atau laptop.

10. Cek Pertandingan Sepak Bola

keyword-tersembunyi-google-search-10

Keyword – [klub bola 1] vs [klub bola 2]

Begadang semalaman sampai ketinggalan pertandingan sepak bola dini harinya? Nggak perlu khawatir, kamu bisa mengecek detail pertandingan dengan keyword “[klub bola 1] vs [klub bola 2]”untuk mengetahui skor serta detail pertandingan yang hendak kamu ketahui.

Akhir Kata

Nah itulah 10 keyword rahasia dan tersembunyi yang bisa kamu gunakan dalam Google Search. Sebenarnya masih banyak lagi keyword alias kata kunci yang dapat digunakan, mulai dari hiburan dan lainnya. Selamat mencoba!!!

Artikel Asli

Comments

comments