Home Entertainment 5 Gamepad Terbaik buat Nunjang Aktivitas Gaming di Smartphone Android

5 Gamepad Terbaik buat Nunjang Aktivitas Gaming di Smartphone Android

772
SHARE
Mobile Game

Dengan semakin banyaknya game yang diluncurin untuk sistem operasi Android, semakin banyak pula pengguna yang mulai menekuni hobi bermain game di smartphone mereka. Dulu, game seperti Angry Bird atau Temple Run cukup mudah untuk dimainkan dengan jari. Namun, saat ini, Play Store udah dibanjiri oleh game dari berbagai genre yang lebih beragam serta yang menuntut kompleksitas kontrol yang lebih rumit layaknya bermain game di konsol atau PC.

Maka dari itu, banyak bermunculan gamepad atau controller yang diciptakan untuk menunjang hobi bermain game pengguna smartphone saat ini. Cukup dihubungkan ke ponsel pintar via Bluetooth atau micro-USB dan sensasi bermain game mobile ala konsol pun bisa langsung dirasakan. Dengan banyaknya varian model dan perbedaan harga yang ditawarin, inilah lima gamepad terbaik buat main game di smartphone Android lo.

1. Gamesir G4

Via www.china-devices.com

Perusahaan Gamesir ini punya misi untuk mempermudah pengoperasian game mobile, menciptakan keseruan serta mengeluarkan potensi maksimal perangkat smartphone. Gagasan tersebut diwujudkan dengan baik pada Gamesir G4.

Selain untuk Android, gamepad ini juga punya kompatibilitas terhadap platform Windows dan PlayStation 3. Susunan tombolnya menganut konsep joystick Xbox. Perangkat ini mengedepankan aspek ergonomis agar mantap ketika digenggam. Terdapat lampu LED pada tombol A-B-X-Y yang tingkat penerangannya dapat kamu atur suka-suka.

Daya tampung baterainya berkapasitas 800mAh. Semisal lo hanya menggunakan gamepad ini selama 1—2 jam per hari, Gamesir G4 dapat bertahan nyaris seminggu penuh tanpa harus diisi ulang. Gamepad ini cocok buat smartphone untuk ukuran 4—6 inci. Gamepad ini dibanderol dengan harga Rp522 ribu dan lo bisa dapetin gamepad ini di Lazada.

2. Moga Pro Power

via i-cdn.phonearena.com

Moga merupakan nama yang populer dan dan dikenal luas sebagai penghasil gamepad Android terbaik. Salah satu produk terbaik mereka yang bisa lo lirik adalah Moga Pro Power. Gamepad ini dirakit dengan konstruksi desain yang simpel, namun kokoh dan cocok untuk gamer bertangan besar.

Sudah ada klip terintegrasi untuk meletakkan smartphone lo. Untuk mengatur pemetaaan tombol secara kostum, sudah disediakan peranti lunak khusus bernama Moga Pivot. Keunggulan utama gamepad ini ada pada baterainya yang berukuran ekstra jumbo, 2200mAh. Sayangnya, belum ada feedbackhaptic sehingga lo gak akan bisa ngerasain sensasi getar pas maen game dengan controller ini.

Kalau lo tertarik dengan gamepad ini, lo harus merogoh kocek sedalam Rp1 juta dan langsung aja kunjungin Lazada untuk membelinya.

3. Razer Serval

via assets.razerzone.com

Setelah terlebih dahulu merilis Onza, Sabertooth, dan Wildcat, Razel pun melengkapi koleksi controller gamingnya dengan gamepad yang enggak hanya mendukung aktivitas bermain game PC doang, namun juga di Android. Controller premium ini dipercantik dengan sentuhan matte dan logo khas Razer yang mendominasi bagian pinggir terluarnya. Untuk layout tombolnya sendiri lebih kurang mirip seperti Sabertooth.

Ditambah tombol-tombol makro terdedikasi untuk keperluan media dan kontrol smartphone Android seperti tombol “back” dan “home”. Razer Serval hadir dengan klip penyangga smartphone yang dapat dilepas-pasang. Kekurangan gamepad ini adalah lo masih harus pakai batu baterai AA untuk menjalankannya. Lo bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp1 jutaan.

4. Ipega PG 9023

via des.gbtcdn.com

Ipega PG 9023 dirancang bukan hanya untuk kebutuhan gaming di smartphone aja, namun juga tablet dengan ukuran hingga 10 inci. Alih-alih meletakkan ponsel di bagian atas gamepad, dengan produk ini lo bisa menempatkannya di tengah-tengah. Mirip kayak mainin PSP atau Switch.

Untuk sebuah produk dengan rentang harga Rp300 ribuan, Ipega PG 9023 punya semua kelebihan yang lo perlukan. Layout joystick utamanya berada di bagian atas tombol arah. Ada juga tombol multimedia untuk menjalankan atau mengatur jalannya musik atau film.

Gamepad ini bisa lo sambungin lewat transmisi bluetooth hampir ke semua perangkat Android atau iOS. Kalau lo tertarik memilikinya, langsung saja kunjungi Blibli.

5. Steel Series Stratus XL

via gstylemag-zippykid.netdna-ssl.com

Sesuai namanya, seri ini adalah varian dengan ukuran yang besar. Gamepad ini kian dikenal karena menjadi produk rekomendasi yang diunggulkan oleh Oculus untuk dipasangkan dengan Gear VR mereka.

Stratus XL masih menggunakan susunan tombol tradisional yang gabungin layout controller DualShock dan Xbox. Skema tombol ini lantas dioptimalkan supaya lebih nyaman dan responsif untuk bermain game dalam waktu yang lama. Hal ini ditunjang pula oleh desain joystick yang disesuaikan dengan kontur jempol pengguna sehingga antilicin dan nyaman digunakan.

Dibutuhkan dua buah baterai AA untuk menggunakannya. Bukan sebuah kekurangan yang signifikan memang, namun gamer saat ini akan cenderung lebih memilih perangkat yang telah memiliki baterai tanam sehingga tak perlu repot-repot ketika ingin mengisi ulang. Harganya tidak terlalu mahal, hanya Rp700 ribuan dan lo bisa dapetinnya di Blibli.

***

Supaya lo lebih nyaman mainin game di smartphonegamepad mana yang jadi idaman lo?

Artikel Asli

Comments

comments