Home Tips & Tricks 5 Cara Hemat Baterai Smartphone saat Mudik

5 Cara Hemat Baterai Smartphone saat Mudik

875
SHARE
Ilustrasi baterai ponsel (Foto: Dok.Pixabay)
Tradisi yang identik dengan bulan Ramadhan dan Lebaran setiap tahunnya adalah mudik. Masyarakat ramai-ramai pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dalam momen spesial bagi umat Muslim ini.

 

Tentunya, dengan begitu eratnya kita dengan smartphone saat ini, maka perjalanan mudik jadi lebih berwarna karena banyak aktivitas yang dilakukan lewat perangkat tersebut.

 

Namun, perjalanan mudik yang panjang menyebabkan kita sulit untuk mengisi daya baterai. Mungkin powerbank bisa jadi solusinya, tapi bagaimana jika daya powerbank pun sudah habis?

 

Agar tidak mati gaya saat mudik, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponselmu dan tetap eksis di media sosial.

 

Berikut ini adalah 5 tips untuk menghemat baterai ponsel agar bisa tetap bertahan hingga kamu sampai kampung halaman.

 

 

1. Kurangi cahaya layar ponsel

Ilustrasi membaca pesan di ponsel. (Foto: StockSnap via Pixabay)
Semakin terang layar ponsel maka semakin banyak energi yang dibutuhkan dan akan membuat daya baterai ponsel jadi lebih cepat habis. Apalagi, mudik menggunakan kendaraan membuat cahaya ponsel tidak akan terganggu cahaya Matahari.

 

Selain itu, hal ini juga dapat menjaga kesehatan matamu. Karena layar yang terlalu terang dapat merusak mata. Apabila kamu malas mengatur cahaya layarnya, kamu bisa menggunakan mode Auto-Brightness sehingga ponsel akan otomatis menyesuaikan dengan situasi.

 

 

2. Matikan ponsel atau pakai mode Airplane

Potret penggunaan ponsel pintar di keluarga (Foto: Thinkstock)
Ketika mudik, kebanyakan orang akan melewati jalanan panjang yang disandingkan oleh sawah di sisi dan kanannya, dan tak jarang dari mereka yang mengeluhkan susah mendapatkan sinyal.

 

Saat ponsel sudah kesulitan untuk mendapatkan sinyal, segera matikan atau ubah ke mode Airplane atau mode pesawat terbang, meskipun kalian sedang tidak berada di pesawat.

 

Ketika sinyal provider lemah, ponsel akan bekerja ekstra untuk mendapatkan sinyal yang membuat penggunaan baterai makin boros. Begitu berada di lokasi yang strategis, nyalakan kembali ponselmu.

 

 

3. Matikan GPS pada aplikasi yang tidak penting

Memakai Google Maps di ponsel. (Foto: Ingo Joseph via Pexels (CC0 Public Domain)
Berpergian dengan menggunakan aplikasi peta digital yang ada di ponsel memang membuat jadi lebih aman dan nyaman. Tapi sayangnya, aplikasi-aplikasi macam tersebut sangat memakan baterai.

 

Jika penggunaan layanan GPS sangat dibutuhkan tapi kamu juga mau menghemat baterai, maka ada baikny kamu matikan layanan GPS pada aplikasi-aplikasi yang tidak kamu butuhkan dalam perjalanan atau pada aplikasi yang sangat memakan baterai.

 

4. Matikan notifikasi yang tidak penting

Pixel 2, Ponsel Keluaran Google (Foto: Stephen Lam/Reuters)
Mematikan notifikasi bunyi dan getar pada aplikasi juga menjadi cara yang ampuh untuk menghemat baterai selama perjalanan mudik. Tidak bisa membalas pesan dengan cepat dan tidak update dalam satu hari tampaknya tidak sulit.

 

Lagipula kalian pastinya tidak mau kan’ Hari Raya Lebaran kalian terganggu dengan urusan duniawi lainnya dengan notifikasi ponsel yang tidak ada habisnya?
 

5. Nyalakan mode hemat daya

Smartphone Thumb adalah hal umum di Amerika. (Foto: Thinkstock)
Fitur hemat daya baterai atau Power Saving Mode pastinya sudah tersedia di semua ponsel pintar baik Android maupun iOS. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menghemat baterai agar bisa bertahan lebih lama.

 

Sayangnya, jika mode ini disetel, akan ada sejumlah fitur yang diminimalisir oleh sistem operasi. Namun, setidaknya ini bisa membantu mengurangi pemborosan daya baterai.

 

Semoga perjalanan mudikmu menyenangkan ya!

 

Comments

comments