Home Tips & Tricks 5 Tips Membeli Ponsel Pintar yang Sesuai Kebutuhanmu

5 Tips Membeli Ponsel Pintar yang Sesuai Kebutuhanmu

1154
SHARE
Ponsel Pintar via telsel.id
Ponsel Pintar via telsel.id

Udah nabung sampe ngirit-ngirit uang jajan demi beli ponsel pintar idamanmu, setelah terbeli ternyata tidak sesuai harapan, tidak mau kan hal itu terjadi?

Karena sekarang sudah jamannya Internet, memiliki sebuah ponsel pintar saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan primer, bagaimana tidak, hampir semua kegiatan keseharian kita dilakukan menggunakan internet, seperti; chatting, transportasi online, hingga mencari informasi. Tidak terkecuali sekedar mencari informasi produk ketika kita ingin membeli barang.

Produsen ponsel pintar ikut meramaikan pasar dengan mengeluarkan berbagai macam varian produk. Lantas bagaimana memutuskan memilih produk yang sesuai kebutuhan, agar tidak menyesal dikemudian hari? Simak ulasan dari milenialID berikut;

Tentukan Sistem Operasi yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Android, iOS dan Windows Phone

Sistem Operasi atau yang biasa kita kenal dengan OS (Operating System). Sebenarnya ada banyak sistem operasi ponsel pintar di luar sana, hanya saja tingkat kepopulerannya, khususnya di Indonesia kalah jauh dengan Android, iOS dan Windows Phone. Supaya tidak bingung kita 3 Operasi Sistem ini aja ya;

  • Android adalah sistem operasi keluaran Google. Keunggulan OS ini adalah bersifat Open Source yang dimana kamu dapat mengembangkan software menjadi lebih baik lagi, makannya tidak heran kalo aplikasi Android itu banyak banget, selain aplikasinya yang banyak, ponsel Android juga banyak di pasaran, hal itu dikarenakan Android mampu menguasai pasar ponsel di seluruh dunia.
  • iOS sistem operasi milik perusahaan Apple. iOS hanya digunakan pada produk Apple saja, seperti seri iPhone, iPad, iPod. Karena iOS eksklusif untuk produk Apple, maka sistem keamanannya lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone harus melewati proses pengujian yang ketat. Walaupun tidak open source, aplikasi pada sistem operasi iOS juga tidak kalah banyak dibanding Android.
  • Windows Phone merupakan sistem operasi yang dikembangkan Microsoft. Walaupun OS ini masih kalah populer dengan Android, namun microsoft terus berinovasi untuk melebarkan sayapnya. Windows Phone mengaku bisa bekerja seperti PC. Windows Phone juga memiliki User interface yang lebih memudahkan kamu. Produk yang menggunakan OS ini, adalah; Microsoft Lumia, HTC, Lenovo dan Acer.

Ketahui Spesifikasi Apa yang Kamu Butuhkan

iPhone X vs SamsungGalaxy Note 9

Memiliki ponsel pintar pasti ada tujuannya, menelepon, SMS, chatting dan browsing internet adalah fitur yang bisa dipastikan ada di setiap ponsel pintar manapun, tapi carilah tujuan spesifik kamu, tanya pada diri kamu apa sih yang kamu harapkan dari ponsel pintar yang akan saya beli ini?

Misalnya saja, bila kamu mencari ponsel pintar yang baik dalam multimedia, kamu bisa memilih ponsel pintar dengan layar yang besar dan kualitas audio yang baik, bila menginginkan untuk bermain game pilihlah ponsel pintar yang memiliki CPU, GPU dan memory RAM yang tinggi atau jika tujanmu untuk foto dan video, cari ponsel pintar dengan spesifikasi kamera dan input audio yang berkualitas agar mendapat hasil yang memuaskan.

Lakukanlah Riset Pada Ponsel Pintar Incaranmu

Ketahui dulu dengan pasti Ponsel Pintar yang mau kamu beli

Setelah kamu tahu spesifikasi apa yang kamu butuhkan, selanjutnya lakukanlah riset produk. Untuk riset online kunjungi website yang menyajikan secara lengkap spesifikasi gadget, seperti GSMARENA yang secara lengkap dan update mengulas produk ponsel pintar, atau menonton video di Youtube dari vlogger review gadget atau bila ingin berdiskusi langsung dari pengalaman pengguna gadget tersebut, kamu bisa melalui forum-forum yang membahas khusus mengenai ponsel pintar, contohnya adalah Forum Handphone dan Tablet Kaskus.

Lakukan juga riset offline dengan melihat dan menyentuh langsung ponsel pintar tersebut, dapatkan pengalaman mengoperasikan langsung ponsel pintar incaranmu, apakah sesuai dengan apa yang selama ini kamu lihat di internet? Kamu bisa lakukan ini dengan meminjam ponsel pintar temanmu atau mengunjungi tok menyediakan display produk.

Sesuaikan dengan Budgetmu

Siapkan Budget untuk Meminang si Gadget

Bagian yang paling krusial, tak lain dan tak bukan adalah uang! Banyak yang terjadi adalah memilih ponsel pintarnya dahulu, baru memikirkan kocek yang dikeluarkan, tak jarang juga terjadi demi ponsel pintar idaman tapi budget tak sesuai kantong, mereka memilih produk BM (Black Market) atau alih-alih ngebet ingin memiliki akhirnya membeli dengan kredit. Cobalah rubah pola pikir seperti itu, percayalah, hal seperti itu malah akan membuat kamu kesusahan karena produk BM umumnya sering bermasalah dan membeli dengan cicilan akan membebani keuanganmu, terlebih dengan cicilan berbunga, gak banget deh!

Ponsel pintar yang mahal belum tentu kamu perlukan, ponsel pintar yang murah tidak berarti jelek dan tidak bisa memenuhi kebutuhanmu, jadi tetaplah bijak menggunakan uangmu demi tujuan yang gemilang.

Beli pada Seller yang Terpercaya

Beli online atau offline?

Dalam memilih tempat untuk membeli ponsel pintar, kamu akan dihadapi pada dua pilihan, beli online atau offline ya? Keduanya sama saja, asalkan kamu tepat memilih seller agar produk yang kamu beli sesuai dengan harapan. Ada 2 syarat yang dimiliki oleh seller yang baik;

  1. Reputasi Penjualan: Untuk toko online, pilihlah website terpercaya dan memiliki reputasi penjualan yang baik, hal ini mencegah meminimalisir penipuan online. Sedangkan untuk toko offline jangan ragu untuk menanyakan teman atau sodara satu kota denganmu mengenai toko langganan yang bisa dipercaya, jangan ambil resiko membeli dari toko yang kamu tidak jelas reputasinya.
  2. Garansi Produk: Toko yang baik akan menjamin bahwa produk yang dijualnya aman, jadi produk yang kamu beli bergaransi. Bila kamu memutuskan membeli baru atau BNIB (Brand New in Box), belilah yang bergaransi resmi, bukan distributor, bila kamu membeli bekas atau second, pastikan kamu mendapatkan garansi dari seller. Lama atau tidaknya garansi yang diberikan, setidaknya kamu mempunyai waktu untuk memastikan bahwa ponsel pintar milikmu tidak bermasalah.

Sekian 5 tips dalam membeli ponsel pintar yang sesuai kebutuhanmu, cukup ikuti langkah-langkah di atas, berurutan atau tidaknya tidak masalah. Pintar dan bijaklah dalam membeli, karena harapanmu pada ponsel pintar untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan sehari-harimu, bukan malah menyusahkan.

Comments

comments