Home Tips & Tricks Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Perangkat Mobile

Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Perangkat Mobile

959
SHARE

Kami di Tech in Asia Indonesia lebih menyukai video ketimbang foto. Mengapa? Karena video memiliki suara dan gambar bergerak, sehingga sebuah pesan lebih cepat tersampaikan ketimbang melihat foto atau—bahkan—membaca sebuah teks.

Kini, menghasilkan sebuah video yang bagus sudah bisa kamu hasilkan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Bahkan beberapa smartphone sudah sanggup menghasilkan video berkualitas 4K.

Namun, apalah artinya sebuah video dengan resolusi tinggi jika tak diedit terlebih dahulu? Dengan adanya proses edit, kita dapat menghasilkan video yang lebih menarik dengan penambahan efek-efek dan menjadikannya lebih ringkas setelah membuang bagian yang tidak penting.

Untuk itu, Tech in Asia Indonesia menghadirkan sepuluh aplikasi edit video rekomendasi kami dalam daftar berikut ini.


Adobe Premiere Clip

Video Edit App | Adobe Premiere Clip

Adobe merupakan nama yang tidak asing lagi di industri kreatif digital. Meski tidak secanggih versi desktop, namun aplikasi Adobe Premiere Clip telah hadir dengan sederet fitur yang memungkinkanmu berkreasi dan berbagi video dengan mudah.

Terdapat fitur edit otomatis untuk membuat sebuah klip secara cepat berdasarkan video yang kamu unggah, sehingga kamu hanya perlu menyunting secara minor. Kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas edit video dasar, seperti mengatur panjang suatu cuplikan adegan, menyesuaikan kualitas video, menambahkan musik latar, dan lain sebagainya.

Premiere Clip bisa jadi pelengkap dari aplikasi edit video Adobe Premiere di desktop. File edit video yang kamu buat di perangkat portabel bisa diekspor ke desktop untuk dikerjakan lebih lanjut.

Integrasi Premiere Clip dengan beragam layanan penyimpanan juga cukup mengesankan. Kamu dapat mengimpor file video atau gambar yang tersimpan dalam akun Dropbox. Bahkan, kamu bisa langsung mengunggah video buatanmu ke YouTube.


VivaVideo

Video Edit App | VivaVideo

VivaVideo memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengedit video secara cepat. Dengan tampilan antarmuka yang sederhana serta alur kerja yang sangat simpel, orang awam yang tak pernah mengedit video pun bisa menghasilkan sebuah karya dalam hitungan beberapa menit saja.

Kamu bisa memanfaatkan beragam template video, efek visual, hingga animasi yang akan membuat video buatanmu jadi bombastis secara gratis. Tak perlu banyak melakukan proses edit, cukup memilih beberapa cuplikan yang hendak kamu sambung, atur panjang masing-masing adegan, dan tinggal pilih template yang tersedia untuk menghasilkan video yang mengesankan.

Kamu yang ingin berkreasi lebih lanjut juga dapat memanfaatkan segudang fitur edit manual dalam VivaVideo. Beragam hal bisa kamu atur sesuai selera, mulai dari kecepatan adegan, menambahkan efek visual, teks yang dapat ditempatkan di mana saja, menambahkan voice over, dan beragam hal lainnya.

Sayangnya, versi gratis dari VivaVideo hanya mengizinkanmu untuk mengekspor video dengan resolusi 480p, itu pun masih dihiasi dengan watermark. Beberapa fitur lain, seperti mengatur kualitas gambar, juga hanya tersedia untuk pelanggan berbayar. Tapi setidaknya kemampuan mengekspor hasil video ke beragam platform, seperti Facebook, YouTube, hingga WhatsApp, dapat diakses oleh semua pengguna.


FilmoraGo

Video Edit App | FilmoraGo

FilmoraGo merupakan aplikasi edit video di smartphone yang cukup lengkap. Kamu dapat mengedit dan mengunggah sebuah video dengan mudah. Video buatanmu juga tidak akan dibubuhi watermark seperti kebanyakan aplikasi edit video gratis lain.

Desain antarmuka FilmoraGo telah dioptimalkan untuk layar smartphone yang terbatas. Semua tombol virtual yang ada dalam layar edit video mudah dijangkau, berukuran relatif besar, serta memiliki fungsi yang jelas.

Alur kerja edit video dalam FilmoraGo dipisahkan dalam tiga tahap yang jelas:

  • Pilih dan atur urutan sejumlah cuplikan video untuk dijadikan satu
  • Percantik video dengan sejumlah template dan beragam efek visual yang dapat diunduh gratis
  • Pilih platform untuk memublikasikan video, mulai dari Instagram, YouTube, Facebook, hingga Vimeo.

Meski cukup nyaman untuk digunakan di smartphone, tampilan FilmoraGo tidak dioptimalkan untuk perangkat tablet yang memiliki layar lebih luas. Aplikasi ini juga tidak menyediakan pilihan resolusi video untuk diekspor, mengunci beberapa template khusus yang harus dibeli untuk bisa digunakan.


Funimate

Video Edit App | Funimate

Funimate sangat cocok bagi kemu yang gemar menggunakan platform karaoke online seperti Musically atau Smule. Dengan navigasi yang simpel serta beragam efek visual dalam Funimate, kamu dapat membuat video klip yang menampilkan dirimu dengan mudah, cepat, dan keren!

Hal paling menakjubkan dalam Funimate adalah ketersediaan efek visual yang sangat banyak, lebih banyak dibanding semua aplikasi video dalam daftar ini. Kamu dapat memilih berbagai efek, mulai dari filter warna, animasi beraneka bentuk, rupa-rupa stiker, hingga efek masking dengan beragam tema.

Sejumlah efek visual yang tersedia itu sangat cocok untuk mempercantik video klip buatanmu. Bahkan, video klip yang hanya menampilkan kamu bernyanyi di depan smartphone pun bisa terlihat sangat menawan bila diedit dengan Funimate.

Funimate juga menyediakan platform sendiri sebagai wadah bagi para pengguna untuk berbagi karya masing-masing. Lewat platform ini, kamu dapat melihat beragam karya milik pengguna lain di seluruh dunia, serta mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan karyamu selanjutnya.


Kinemaster

Video Edit App | Kinemaster

Bila kamu mendambakan aplikasi edit video di smartphone dengan antarmuka berbasis timeline seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro di desktop, maka kamu dapat menemukan padananannya di Kinemaster. Tampilan antarmuka serta alur kerjanya yang mirip akan membuat pengedit video berpengalaman akan terasa familier.

Kinemaster menyediakan sederet timeline yang dapat ditumpuk dan digeser-geser, layaknya aplikasi edit video di desktop. Fiturnya pun tergolong lengkap, mulai dari pengaturan panjang adegan, transisi, bookmark, penambahan layer untuk efek visual, hingga musik dan voice over.

Kinemaster juga menyediakan sejumlah koleksi aset audio ataupun visual yang bisa diakses para penggunanya. Mereka menanjikan penambahan aset setiap minggu, sehingga kamu senantiasa akan menemukan efek baru untuk mempercantik video buatanmu.

Hasil karyamu bisa diekspor dengan beragam pilihan resolusi dan frame rate, mulai dari 360 hingga full HD sekalipun. Bila kamu menjadi pengguna berbayar, kamu bisa menghapus watermark Kinemaster dalam video, serta menikmati aset premium yang terdapat dalam koleksi asetnya.


iMovie

Video Edit App | iMovie

iMovie dikenal sebagai aplikasi edit video yang mudah digunakan, namun sangat powerful di perangkat Mac. Versi iOS yang dirilis oleh Apple pun masih memiliki semangat yang sama.

Proses edit video berbasis timeline yang terdapat dalam versi desktop lebih disederhanakan lagi dalam versi iOS. Alih-alih dihadapkan dengan setumpuk baris timeline, proses edit yang kamu jalankan hanya terdiri dari satu baris timeline yang sarat informasi. Tampilan ini sangat cocok dengan smartphoneatau tablet yang memiliki luas layar terbatas.

Kamu dapat mengatur panjang adegan, menambahkan efek audio dan video, serta memperhalus transisi dengan sederet animasi dan template yang telah disediakan dalam aplikasi. Bila kamu ingin mengedit lebih jauh di desktop pun, aplikasi ini bisa mengekspor file ke iCloud untuk diakses lewat PC. Kamu juga bisa mengunggah video buatanmu langsung ke platform berbagi video seperti Facebook, YouTube, hingga Vimeo.

iMovie dibuat langsung oleh Apple, sehingga dapat berjalan dengan optimal di iPhone atau iPad yang mendukung. Lebih kerennya lagi, tidak seperti semua aplikasi edit video dalam daftar ini, kamu bisa mengunduh dan memanfaatkan semua fitur di iMovie secara gratis.


Quik

Quik | Screenshot

Bila kamu seorang pengguna action cam bermerek GoPro dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengedit, Quik adalah jawaban dari kebutuhan kamu.  Automasi adalah keunggulan utama dari aplikasi ini.

Opsi paling umum dari sebuah aplikasi edit video adalah trim. Meski otomatis, Quik tetap mendukung perintah dasar seperti ini. Kamu juga bisa menambahkan  filter, namun sekali memilih berlaku untuk keseluruhan video.

Kamu juga bisa memasukkan teks untuk membuat opening video, tapi karena automasi tadi, Quik tidak memberikan opsi untuk memilih font. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan theme yang pastinya akan memudahkan. Kamu juga tidak bisa mengatur efek transisi, namun karena ini merupakan aplikasi untuk edit cepat, absennya fitur ini bisa kamu abaikan.

Terakhir, untuk masalah background music dan audio, opsi edit yang tersedia juga sedikit. Kamu hanya bisa memilih Mute, Medium, dan Loud untuk seluruh video. Satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengedit dengan Quik adalah transisi akan dibuat berdasarkan irama musik. Jadi supaya tidak terlihat aneh, pastikan kamu telah memilih musik yang cocok terlebih dahulu.

Terakhir, kamu bisa langsung membagikan video hasil edit dalam aplikasi ini ke berbagai media sosial yang telah terintegrasi. Namun di sini harus kamu catat bila kamu juga tidak bisa menyimpan file dalam format lain (selain bawaan) dan tidak ada juga opsi besar resolusi.


Magisto

Magisto | Screenshot

Satu lagi aplikasi edit video yang tidak memerlukan kemampuan mengedit. Mirip dengan Quik, Magisto menjadikan automasi sebagai fitur andalannya.

Adapun tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan saat mengolah video dengan aplikasi ini adalah:

  • Mengambil gambar (foto maupun video).
  • Memasukannya ke aplikasi Magisto
  • Pilih preset yang kamu inginkan
  • Untuk musik background, aplikasi ini telah dibekali dengan banyak pilihan lagu, jadi kamu tidak perlu lagi repot mengunduh.
  • Terakhir pilih Editing Style yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu. Beberapa yang bisa kamu pilih adalah StoryTeller, Caring Moments, Portfolio, dan banyak lagi lainnya.

Setelah itu, kamu tinggal mereview hasilnya dan bila dirasa belum cocok kamu tinggal mengulangi lagi langkah pertama.

Artikel asli

Comments

comments